Pengertian Kelenjar Tiroid

ESSE - Kelenjar Tiroid adalah salah satu kelenjar Endokrin yang terdapat pada tubuh manusia. Secara anatomi kelenjar Tiroid terletak dileher bagian depan, di depan dari trachea berbentuk seperti kupu-kupu mempunyai berat kurang lebih 15 sampai 20 gram, setinggi ruas tulang leher ke 2 dan ke 3, Kelenjar Tiroid memproduksi hormon tiroid, ada 2 macam hormon tiroid yaitu dalam bentuk T3 (Triodo Tironin) dan T4 (Tiroksin), Proses pengeluaran hormon tiroid dirangsang oleh Tiroid Stimulating Hormon (TSH) yang dikeluarkan oleh kelenjar Hipofise bagian anterior.

Hormon Tiroid memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari karena hormon ini berperan dalam proses metabolisme tubuh, juga berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan serta intelegensi individu. Sebagai bahan baku pembentukan hormone tiroid adalah Zat Yodium yang didapatkan dari makanan sehari-hari, sumber utama Yodium didapat dari makanan laut dan garam beryodium, tubuh manusia memerlukan zat yodium kurang lebih 50 mg pertahun atau 1 mg perminggu dalam bentuk yodida. Dalam keadaan normal ketiga hormon tersebut (TSH dan T4, T3) dalam keadaan keseimbangan. Namun dalam kehidupan sehari-hari selalu ada penyimpangan dari ketiga hormone tersebut sehingga mengakibatkan terjadinya proses gangguan metabolism dalam tubuh. Penyimpangan tersebut bisa berupa kekurangan (hypotiroid)atau kelebihan (hypertiroid).

Gambar Pengertian Kelenjar Teroid


Untuk mengetahui hal tersebut maka memerlukan pemeriksaan laboratorium dari ketiga hormone tersebut di atas. Di laboratorium Klinik Pramita saat ini dapat melakukan pemeriksaan T3, T4, TsH, dengan hasil yang lebih cepat dan berkualitas.

Berikut ini adalah gejala orang yang menderita gangguan hypo tiroid :

-            Kulit yang kering dan rambut yang kasar
-            Kurang tahan terhadap cuaca dingin
-            Kelelahan
-            Denyut jantung yang melambat
-            Kurang konsentrasi
-            Kolesterol meninggi
-            Mudah keguguran


Gejala dengan gangguan hypertiroid :

-          Banyak keringat
-          Tremor
-          Berat badan menurun
-          Mudah lelah
-          Tidak tahan terhadap cuaca
-          Denyut jantung yang cepat
-          Sulit tidur

Apabila anda merasakan gejala seperti diatas sebaiknya segera konsultasi pada Dokter anda, sebagai upaya pencegahan sebaiknya gunakanlah garam beryodium dalam makanan yang kita makan sehari-hari.

Terus jaga kesehatan kita agar terhindar dari penyakit untuk itu tetaplah menjaga kesehatan Anda, Itulah yang bisa kami sampaikan Pengertian Kelenjar Tiroid . Selaku penulis web ESSE semoga bisa sampe kepada pembaca , semoga pembaca merasa senang dan bisa bermanfaat.

Penulis :  dr.Eman Swardhana

Sumber : http://www.pramita.co.id
Pengertian Kelenjar Tiroid Pengertian Kelenjar Tiroid Reviewed by Unknown on 8:32 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.